Balikpapan – Dalam rangka memperkuat kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian, SPKT Polda Kaltim terus melakukan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sebagai garda terdepan Polri dalam menerima laporan, pengaduan, maupun permintaan bantuan, SPKT berkomitmen menghadirkan pelayanan yang responsif, profesional, dan penuh empati.
Dengan mengusung semangat dan moto “Cepat, Proaktif, Humanis, dan Tanpa Biaya,” SPKT Polda Kaltim berupaya memastikan setiap masyarakat yang datang merasakan kenyamanan dan kepastian dalam setiap proses pelayanan. Tidak hanya menekankan aspek kecepatan, tetapi juga membangun kualitas komunikasi dua arah antara petugas dan masyarakat.
Ka SPKT Polda Kaltim menjelaskan bahwa pelayanan publik yang ideal bukan hanya soal prosedur, melainkan juga soal rasa. “Kami ingin masyarakat tahu bahwa setiap laporan mereka kami anggap penting. Respons cepat, sikap ramah, dan transparansi adalah bentuk penghargaan kami terhadap kepercayaan publik,” ujarnya.
Sebagai bagian dari program berkelanjutan, SPKT juga memperkuat koordinasi lintas satuan fungsi di internal Polda Kaltim agar penanganan laporan masyarakat dapat dilakukan secara efisien dan terintegrasi. Personel yang bertugas pun dibekali dengan pelatihan komunikasi humanis dan pemahaman etika pelayanan publik.
Upaya pembenahan yang dilakukan SPKT ini menjadi wujud nyata penerapan konsep Polri Presisi, di mana pelayanan yang cepat, proaktif, dan tanpa biaya diharapkan dapat semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat.
Dengan terus menjaga profesionalisme dan sikap peduli terhadap kebutuhan warga, SPKT Polda Kaltim bertekad menjadikan kehadiran polisi bukan sekadar aparat penegak hukum, melainkan juga mitra masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan rasa keadilan di Kalimantan Timur.
